Pulau Menjangan Bali

Overview

Pulau Menjangan, Bali. Gugusan pulau paling barat dari pulau Bali. Pulau kecil ini merupakan tempat tinggal hewan endemik yang hampir punah bernama Menjangan atau lebih dikenal dengan kijang.

Pulau ini dikeliling oleh banyak tempat menyelam (dive spot) yang kaya akan berbagai macam terumbu karang, berbagai jenis ikan, penyu, di mana pada saat-saat tertentu terutama pagi hari jika beruntung lumba-lumba terlihat beriringan berlompatan di permukaan laut saat menyeberang ke Pulau Menjangan.

Umum

Meskipun pulau ini merupakan bagian penting dari Taman Nasional Bali Barat, pulau ini ditetapkan ke distrik administratif Jawa dan berada di bawah yurisdiksinya. Kota-kota besar terdekat adalah: Singaraja, terletak di utara Bali dan Banyuwangi, terletak di pantai timur Jawa. Pemukiman terdekat adalah desa Sumberkima. Bandara terdekat adalah daerah Letkol Wisnu (sekitar 8 mil dari pulau).

pulau menjangan bali

Kehidupan laut

Pulau ini dianggap sebagai bagian penting dari industri pariwisata lokal, karena fauna lautnya yang menggabungkan terumbu karang yang terawat baik di daerah tersebut.

Pemandangan

Habitat di Pulau Menjangan Bali sangat bervariasi dengan hutan hujan, sabana kering, semak belukar dan hutan dataran rendah, serta hutan pegunungan di pusat yang lebih tinggi. Terdapat juga beberapa kantong hutan bakau yang lebat.

Pada bagian utara taman nasional terdapat semenanjung yang menonjol ke utara yang disebut Prapat Agung. Di sekitar semenanjung ini ada bentangan panjang pantai beserta terumbu karang lepas pantai yang dilindungi. Disebut juga sebagai pulau lepas pantai kecil yang disebut Menjangan. Yang terakhir adalah titik-titik menyelam yang sangat populer.

Ada beberapa gunung berapi yang sudah punah di kawasan lindung sebelah timur, dengan Gunung Patas (1.412 meter) dan Gunung Merbuk (1.388 meter) merupakan titik tertinggi. Puncak ini adalah fitur lanskap visual yang dominan dari dalam setiap area taman.

Iklim

Tak terasa berbeda dari daerah lain di Bali atau Jawa Timur, tetapi mungkin terasa sedikit lebih panas dan lebih kering di musim kemarau daripada di bagian selatan Bali.
Bali selalu hangat, lembab dan tropis, yang tersisa sekitar 30-35 ° C (85-95 ° F) sepanjang tahun. Musim kemarau April-Oktober dan musim hujan November-Maret hanya relatif, dengan banyak curah hujan sepanjang tahun, tetapi musim dingin di Bali lebih mendung, lebih lembab, dan dengan kemungkinan badai yang lebih tinggi.

snorkeling pulau menjangan bali

Daya tarik dan aturan di Pulau Menjangan (Pulau Menjangan), Bali

Jalur taman resmi wajib dieksplorasi dengan pemandu yang direkomendasikan oleh taman nasional. Ini sebenarnya adalah aturan tetapi terkadang ‘diam-diam’ diabaikan. Tolong jangan lakukan hal-hal yang melanggar aturan Taman nasional Bali Barat, meskipun saran yang sangat tidak bertanggung jawab terkadang diberikan dalam beberapa panduan perjalanan untuk melakukannya.

Jalur “Tegal Blunder Trail” paling populer di kalangan para pengamat burung, dan jalur ini dapat ditempuh dalam dua jam dengan berjalan kaki. Pos pemeriksaan oleh ranger berada di desa Slumber Klampok sekitar 20 menit arah barat dari Cekik. Dari pos pemeriksaan yang sama Anda dapat mengambil lebih banyak lagi jalur Gunung Klatakan yang berat ke arah tenggara. Jalur ini lebih sulit, ditempuh selama sekitar lima jam, tetapi Anda akan melalui hutan hujan yang tak terlupakan. Ada jalan dan peluang lain untuk kenaikan yang menarik, tetapi ini adalah dua yang paling populer dan paling mudah. 

Pulau Menjangan yang tidak berpenghuni adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi setiap pengunjung ke Bali yang tertarik dengan kehidupan laut, snorkeling, atau menyelam. Kapal berangkat dari pantai di dermaga di ujung utara. Setiap sewa kapal harus disertai dengan pemandu, dan Anda harus membeli izin dari kantor taman nasional di parkir mobil utama dermaga. Snorkeling di Pulau Menjangan Bali mungkin akan jadi salah satu pengalaman yang terbaik di Bali dengan airnya yang jernih dan laut yang tenang.

Terdapat sebuah kuil terkenal di Menjangan bernama Puri Gili Kencana yang tentunya patut dikunjungi. Anda dapat berkeliling Menjangan sekitar 1  jam dan 15 menit. 

Daya Tarik

Tidak hanya melihat alam laut dengan bersnorkeling. Kita bisa naek ke pulau dan melihat kijang-kijang berkeliaran bebas di habitatnya

Pulau ini memiliki pura dengan patung Ganesha berwarna putih dan berukuran besar terletak di sisi barat. Menghadap ke barat patung ini tepat berada di atas tebing.

 

Anenome, gorgonian table, coral garden, eel, lion fish, bahkan murray adalah beberapa biota laut yang bisa kita temui di kedalaman antara 3-10 meter. Jika beruntung, kita bisa melihat penyu, lumba-lumba dan whale shark.

Pesisir pantai pulau Menjangan memiliki palung yang cukup dalam. Dinding palung dipenuhi berbagai jenis terumbu karang dengan warna-warni yang mempesona dimana ratusan ikan tinggal dan berkeliaran di sekitarnya. Tahukah kamu, dinding palung (wall) gugusan pulau ini adalah salah satu spot diving terbaik dunia

Terumbu karang jika patah membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh kembali. Berhati-hatilah saat mencari pijakan saat beristirahat selama sesi snorkeling jangan sampai menginjak terumbu. Disarankan untuk berpegangan pada pelampung yang disediakan atau mencari lokasi yang cukup dangkal, datar, dan bukan terumbu karang (pasir, karang mati, atau bebatuan)