snorkeling pulau menjangan bali

Lima Hal yang Harus Disiapkan Saat Liburan (ke Pulau Menjangan, Bali)

Jalan-jalan ke Bali lagi? Daripada ke lokasi sama berulang-ulang (meski banyak kenangan indah berceceran), yuk coba bertualang ke lokasi baru dan membuat kenangan tak terlupakan lainnya. Salah satu lokasi tjakep di Bali yang masih jarang dikunjungi ada di daerah Bali Barat, pulau Menjangan tepatnya. Wait, wait, Bali punya pulau lain selain 3 nusa? Yep! tuh kan, memang banyak yang belum ngeh sama pulau yang satu ini.

Pulau Menjangan letaknya hanya 5 mill di barat Pulau Bali. Pulau kecil yang hanya dihuni oleh Menjangan (sejenis rusa/kijang liar) ini menawarkan keindahan alam karena juga merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Jaraknya memang agak jauh dari Denpasar, tapi dengan pengalaman yang akan didapat, ehem, setimpal bangetlah.

Selain menawarkan keindahan alam di bagian ‘atas’ pulau, ‘bawah’ laut sekitar Menjangan juga akan sangat menyenangkan hati dan pikiran. Untuk para pekerja kantor, mahasiswa dengan setumpuk tugas, atau pekerja paruh waktu yang butuh refreshing, Menjangan bisa jadi pengobat penat dan pelepas dahaga bertualang kamu.

Sudah memantapkan hati untuk ke Menjangan, mengarungi lautan koral dan berenang bersama ikan-ikan aneka warna? Sip! Pastikan kamu menyiapkan lima hal ini yah, biar petualanganmu lebih menawan.

1. Gali informasi awal

Jalan-jalan dengan waktu terbatas perlu banget membekali diri dengan informasi seputar lokasi yang akan didatangi. Paling mudah tahu lokasi dan bagaimana meluncur ke sana. Kalau lagi luang, bisa banget sekalian menggali dan menyusun jadwal kegiatannya.

2. Ajak teman-teman seru dan sehati (atau sependeritaan)

Petualangan jadi lebih seru kalau kita lakukan dengan kawan-kawan yang sehati juga. Ga mau dong kalau tiba-tiba di tengah jalan berantem karena ada yang ngungkit masa lalu, ups! Ajak kawan baru pun gak masalah kok, siapa tahu berlanjut…

3. Cari jadwal paling cerah

Ke Menjangan tentu pingin berenang-renang cantik dan menikmati pemandangan dengan cuaca yang pas. Nah sebelum berangkat, dipastikan dulu kalau musim dan cuaca bersahabat biar gak bikin acara buyar.

4. Persiapkan peralatan tempur kamuh

Meskipun semua peralatan mengarungi lautan akan disediakan di lokasi, gak ada salahnya membawa peralatan sendiri kalau punya. Selain alat-alat snorkeling, ingat juga membawa kebutuhan pribadi kamu yah.

5. Lewat ‘jalan’ yang pas

Banyak jalan menuju Roma, seperti banyak juga jalan menuju Menjangan, tapi ‘jalan’ yang pas akan membuat perjalanan lebih singkat dan padat, serta waktu bertualang lebih ceria. Salah satu jalan yang ‘pas’, bisa dengan menggunakan jasa pemandu wisata untuk membantu kamu memaksimalkan liburan. Bila ingin menggunakan jasa pemandu wisata, sebaiknya juga melakukan riset mana-mana jasa yang paling pas di hati kamu.

Selamat melepas penat! Salam buat ikan-ikan yah 🙂

bagikan

Artikel

WhatsApp chat